Selasa, 13 Januari 2009

CERITA RUWATAN MASAL DI KAHYANGAN API BOJONEGORO

Masih tentang Kab. Bojonegoro, kali ini mengenai cerita ruwatan masal di kahyangan api Bojonegoro yang berlangsung minggu kemarin.
Suasana ramai di sekitar halaman wisata kahyangan api Desa Sendangrejo Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro pada tumplek blek mobil, motor, pedangang dll memadati halaman kahyangan api. Dengan di iringi suara gamelan jawa dan nyanyian pesinden mengiringi sejumlah orang berpakaian putih - putih dengan terdapat tulisan nomor urut berwarna hijau di dada masing - masing, mereka berjalan merayap untuk mengikuti ruwatan masal. Rata - rata mereka ikut ruwatan ingin diberi keselamatan (membuang sial), ada juga yang ingin jalinan asmaranya lancar (cepat jodohnya).

Selama acara tersebut mereka juga mengikuti acara sungkeman. Selain itu juga dilakukan pengguntingan rambut sebagai simbol melepas sial dan membuka ketupat sebagai simbol kesialan sudah dilepas.
Diantara peserta ruwatan itu, terdapat se orang bocah berusia 4 tahun. Anak tersebut di ikutkan ruwatan karena sejak 5 bulan yang lalu dia dinilai tidak wajar. Maksudnya anak tersebut dapat melihat hal - hal ghaib, anak tersebut di ajak ruwatan dengan tujuan membersihkan atau menghilangkan hal - hal yang aneh dalam diri anak tersebut.
Untuk ruwatan masal ini pesertanya bukan dari Bojonegoro saja, ada juga yang dari luar kota di antaranya dari Nganjuk, Lamongan, Surabaya dan ada juga yang dari Cirebon. Acara ruwatan masal tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2002 silam.

Dikuti dari : Radar Bojonegoro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar