Jumat, 19 Desember 2008

DISIPLIN ??? MULAI ANAK USIA DUA TAHUN



Setiap orang tua kan berusaha mengajarkan disiplin kepada anak – anakny. Tujuannya, menanamkan perilaku baik dan menghindari perilaku yang dianggap tidak baik. Lalu, kapan seorang anak siap belajar disiplin ?? Temukan jawabanya setelah iklan berikut ……. Hikzz…..hikzzz……
Kedisiplinan merupakan proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku, kebiasaan, atau membentuk manusia dengan ciri – ciri tertentu. Terutama, untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Di dalam keluarga, yang berperan tentu saja orang tua. “Yang perlu ditekankan, belajar adalah proses. Jadi, tak bisa langsung dipaksakan. Ingat tu….. nti jadi nggak disiplin malah diselipin….
Mengenalkan disiplin dimulai ketika sikecil berusia dua tahun. Pada usia itu orang tua dapat mengenalkan aturan yang berlaku dirumah. Semisal, membuang sampah pada tempatnya, makan dimeja makan, serta menetapkan jam tidur. Tapi….. dalam pelaksanaannya orang tua belum boleh menghukum jika anak melanggar. Saya laporin ke Komnas Anak kalo dihukum dan nanti dimarahin Kak Seto lho….. ???. Sebab dalam usia dua tahun membutuhkan contoh dari sikap orang – orang terdekat.
Hukuman baru dikenalkan ketika anak berusia empat tahun (tapi jangan keras – keras). “Hukuman yang disepakati bersama membentuk kesadaran bahwa disiplin itu bukan paksaan, melainkan kebutuhan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar