Senin, 29 Desember 2008

2009 TELAT SATU DETIK





Saat aku membaca surat kabar edisi Desember 2008 ada berita menarik untuk disebar luaskan. Nah ..... berita itu aku postingkan di web ku untuk informasi ke teman – teman blogger, pasalnya berita itu tentang Tahun Baruaan. Mari kita simak bersama – sama.
Hati – hati saat melakukan hitungan mundur datangnya 2009 pada malam tahun baru nanti. Sebab, tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, awal tahun 2009 nanti terlambat meskipun hanya satu detik
Apa penyebabnya tahun baru kali ini tidak datang tepat waktu ?? Sejumlah ilmuwan yang selama ini peduli standarisasi waktu diseluruh dunia menemukan bahwa rotasi bumi-lah yang menjadi penyebabnya. Soalnya waktu yang diperlukan bumi untuk memutari porosnya masih digunakan dalam penentuan waktu di jam. Padahal rotasi bumi dari waktu kewaktu mengalami keterlambatan. Pencairan es dikutub, aktivitas inti bumi, gelombang laut, dan efek gravitasi matahari dan bulan membuat poros rotasi berubah – ubah dan mengalami perlambatan 2 milidetik setiap hari.
Sementara standar waktu yang presisi yang digunakan para ilmuwan berdasarkan waktu luruh atom cesium yang hanya terlambat satu detik dalam 200 juta tahun. Perbedaan itu menyebabkan tampilan jam atom harus disesuaikan dengan jam berdasarkan rotasi bumi.
Untuk memastikan dunia tetap tepat waktu, para ilmuwan sepakat menambah satu detik di akhir 2008. Secara teknis, pada malam tahun baru setelah hitungan mundur pada pukul 23.59.59 akan ditambahkan hitungan 23.59.60 sebelum berubah menjadi 00.00.00 memasuki 1 Januari 2009.
Pemberian detik tambahan tersebut sebetulnya bukan kali pertama dilakukan. Sejak standarisasi waktu dunia disepakati pada 1972, telah dilakukan 24 kali penambahan detik. Namun, tenang saja, meskipun mundur satu detik kemeriahan perayaan tahun baru tetap saja yang paling ditunggu – tunggu seluruh dunia. SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar